Monday, May 27, 2013

Psikoogi Komunikator: Kredibilitas

Materi tanggal 20 Mei 2013
Komunikator tidak akan di dengar oleh komunikan bila dia tidak memiliki kredibitas di mata komunikan. Hal ini sudah terbukti dari pengalaman saya sendiri setiap kali saya maju ke depan kelas di masa SMA, dari penampilan saya yang pertama untuk menampilkan pidato, baca puisi atau apapun. Saya dipercayai penuh atas kesuksesan dari penampiln pertama saya, setelah itu mulai penampilan kedua saya sampai penampilan selanjutnya saya dipercaya oleh komunikan. Keperayaan tersebut terihat dari antusias komunikan ketika saya menyampaikan  materi dari penampilan saya semua memerhatikan dengan seksama. Namun sayang sekali hal itu tidak terjadi dengan komunikator lain dalam kelas saya, yaitu teman sekelas saya sendiri yang mendapat giliran berpidato. Banyak dari komunikan yang tidak memerhatikan penampilan komunikator tesebut karena memang terlihat membosankan dan dari segi mater yang kurang berbobot.
Dari pengalaman saya tersebut saya dapat menyimpulkan bahwasannya komunikator harus memiliki beberapa segi terutama kredibilitas yang bisa menyampaikan topik yang menarik dan menciptakan situasi yang kondusif.

No comments:

Post a Comment