Thursday, May 16, 2013

Uses & Gratification

Pembahasan mengenai materi tanggal 13 Mei 2013
Teori uses & gratification ini mengacu pada kerasionalan yang dimiliki oleh manusia maksudnya orang akan memaknai sesuai dengan gratifikasinya (ketertarikan). Tentu masing-masing individu memiliki gratifikasi yang berbeda-beda. Membahas mengenai efek dari media massa, individu akan memknai komunikasi massa tergantung dari kognisi mengolah dan memilih hal mana yang penting bagi individu tersebut. Teori ini secara tidak sadar sudah saya lakukan sejak saya masih balita mungkin. Sebagai contoh ketika saya mulai tumbuh remaja dimana masa-masa itu adalah masa puber dimana wajah saja sudah mulai muncul jerawat. Ketika saya menonton televisi di rumah, dan ada sponsor atau iklan disitu saya tertarik dan memerhatikan iklan suatu produk kecantikan sebut saja merk-nya P. Saya benar-benar memerhatikan iklan tersebut karena iklan tersebut menawarkan solusi untuk mengobati jerawat. Dimana dalam situasi tersebut saya mempunyai masalah dengan jerawat. Dan saya pun tertarik untuk mencoba produk tersebut.
Dari contoh pengalaman tersebut sudah tercermin bahwa ketertarikan atau kebutuhan individu akan memengaruhinya dalam media massa atau komunikasi massa tertentu.

No comments:

Post a Comment