Thursday, March 7, 2013

Humanistic Approach



Indah Maharani
125120201111051

B.IK.2
Materi tanggal 4 maret 2013

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritaan pengalaman saya yang berkaitan dengan Humanistic Approach dimana yang dijelaskan oleh Maslow dengan teorinya  growth need. Dimana saya akan lebih baik jika saya menjadi diri saya sendiri dengan kesadaran saya tidak ikut-ikut orang lain, dan hal itu sesuai dengan lingkungan dimana saya tinggal.
Disini, di Malang saya tinggal terpisah dengan kedua orang tua saya. Saya kesini merantau untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Mendapatkan lingkungan baru di kosan, di kampus, teman bergaul. Disitu jelas akan memengaruhi saya untuk berperilaku atau menjalani kebiasaan setiap harinya. Akan tetapi, disini saya harus tetap menjadi diri saya sendiri, menjadi pribadi saya sendiri dengan kepribadian yang saya punya selama ini yang tumbuh di lingkungan dimana saya dilahirkan dahulu. Namun dengan demikian bukan berarti saya tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dimana saya tinggal sekarang. Saya harus tetap menyesuaikan diri, membaur dengan yang lain namun dalam artian saya tidak boleh terikut arus. Saya harus punya kepribadian yang kuat, pendirian agar saya tidak mudah untk dipengaruhi oleh orang lain. Saya disini tidak perlu untuk berpura-pura menjadi orang lain, tapi cukup dengan menjadi diri saya sendiri. Dengan kesadaran saya tidak mau ikut-ikutan orang lain entah dalam hal apapun. Baik dalam hal berpakaian contoh yang paling kecil, mungkin disini banyak yang memakai pakaian yang terbuka atau apalah ya namun disini dengan prinsip saya atau dengan kemauan saya, saya tidak suka memakai hal yang seperti itu. Itu termasuk prnsip hidup yang dimulai dari hal kecil namun bisa bermanfaat , namun disini saya tetap sesuai dengan lingkungan dimana saya tinggal.
Itu beberapa contoh yang bisa saya berikan, dimana contoh itu real terjadi dalam kehidupan saya. terimakasih sudah membaca, tinggalkan kritik ataupun saran yang dapat membangun tulisan saya.

No comments:

Post a Comment